Trend Produk yang Digemari Oleh Milenial & Gen-Z saat Ramadan
Ketika bulan Ramadan tiba, Indonesia merupakan sebuah pasar yang sangat potensial untuk menjual komoditas yang identik dengan Ramadan. Terlebih umat Muslim merupakan penduduk mayoritas yang dimiliki oleh Indonesia. Tidak hanya itu, Indonesia yang juga sedang mengalami bonus demografi secara usia penduduk, banyak diisi oleh kalangan muda yang biasa disebut kaum milenial dan Gen-Z. Para milenial dan Gen-Z merupakan generasi yang sangat fasih terhadap teknologi dan gadget, menjadikan karakteristik mereka yang sangat aktif di media sosial, suka berbelanja secara daring atau melewati E-Commerce, serta merupakan konsumen yang berpikiran global.
Menurut Asosiasi E-Commerce Indonesia, ketika memasuki bulan Ramadan pola belanja melalui E-Commerce selalu meningkat sejak 2 tahun terkahir terlebih jika sudah memasuki minggu ke-4 di setiap bulan Ramadan. Berdasarkan optimisme inilah, Indonesia merupakan pasar yang sangat menjajikan bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan momen Ramadan agar meningkatkan penjualan melalui E-Commerce. Berdasarkan dari berbagai sumber yang telah dirangkum, berikut ini macam-macam produk yang digemari oleh kaum milenial dan Gen-Z saat bulan Ramadan:
1. Makanan Kaleng/siap saji dan Minuman Kemasan
Produk yang paling digemari oleh kaum milenial dan Gen-Z ketika memasuki bulan Ramadan, adalah makanan kaleng, frozen food, dan minuman kemasan yang siap saji. Sifatnya yang praktis dan mudah untuk dikelola hingga bisa dikonsumsi, menjadi idaman bagi para milenial dan Gen-Z ketika melaksanan sahur.
2. Buah Kurma
Buah kurma memang sangat identik dengan datangnya bulan suci Ramadan, buah kurma yang dikemas dalam kemasan ekonomis sangat ramai dibeli oleh pengguna E-Commerce Indonesia.
3. Hampers
Selain memiliki karakteristik yang tech-savvy, para milenial dan Gen-Z juga dikenal suka berbagi kepada sesamanya. Produk hampers yang berisikan kue-kue lebaran dan sirup menjadi salah satu produk yang banyak dibeli secara online utamanya ketika memasuki minggu ke-4 bulan Ramadan.
4. Produk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh
Tidak dapat dipungkiri jika produk kecantikan dan kesehatan tubuh juga ramai dibeli ketika bulan Ramadan tiba, Produk seperti skin care, masker wajah, hingga vitamin kesehatan merupakan produk favorit yang dibeli oleh kaum hawa kalangan milenial dan Gen-Z.
5. Produk Fashion
Jika hari raya Idul Fitri segera tiba, tidak lengkap rasanya jika tidak membeli pakaian baru. Tradisi unik yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia ini sudah terjadi secara turun-temurun, sehingga menjadi potensi bisnis yang menjadi atensi para pelaku usaha. Produk fashion yang sangat laris ketika bulan Ramadan ialah pakaian-pakaian muslim dan musliman, celana jeans, hingga kaos-kaos pop-culture.
Selain menjual komoditas yang potensial di bulan Ramadan, memiliki usaha dengan citra/branding yang baik dan berkesan profesional juga perlu diperhatikan bagi para pelaku usaha, utamanya para pelaku UMKM. Dalam membangun citra brand yang baik, diperlukan beberapa strategi dan kiat-kiat yang tepat untuk mendapatkan hati pelanggan sehingga dapat loyal terhadap produk yang kita miliki. Klik di sini untuk membaca artikel yang membahas cara membangun brand image untuk pelaku usaha UMKM.