Brand imager

Brand Imagery: Pengertian, Manfaat dan Tips Membangunnya!

Untuk mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat terhadap brand yang Anda miliki, hal yang dapat dilakukan adalah dengan membuat brand Anda terlihat lebih menonjol atau berbeda dengan kompetitor. Studi kasus nyatanya adalah salah satu brand jasa transportasi daring Maxim yang baru masuk Indonesia pada tahun 2018, namun memiliki pertumbuhan pengguna yang cukup masif pada tahun 2021 hingga 10 juta pengguna. Melansir artikel (Hafiz, 2022) terdapat beberapa strategi yang dilakukan oleh brand tersebut untuk membangun kepercayaan masyarakat. Di antaranya adalah masifnya kegiatan advertising menggunakan billboard, iklan pada transportasi umum hingga iklan media sosial, penawaran fitur hingga tarif yang kompetitif. Selain itu, branding warna juga tidak kalah penting agar berbeda dari para pesaing lainnya. Strategi yang dilakukan oleh brand transportasi daring tersebut merupakan beberapa cara dari kegiatan brand imagery, yang dapat dinilai cukup sukses untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap eksistensi Maxim di Indonesia. Pada artikel kali ini akan membahas tuntas mengenai pengertian, manfaat hingga tips membangun brand imagery yang kuat di masyarakat. 

Billboard

Berbeda dengan brand image, brand imagery merupakan sebuah upaya komunikasi suatu brand yang ingin disampaikan kepada para target pasar, dengan memperlihatkan visual yang representatif terhadap brand tersebut. Beberapa aspek yang ingin disampaikan meliputi logo, kemasan, iklan hingga slogan yang dimiliki dengan tujuan membedakan dari pesaing dan menciptakan identitas agar mudah dikenali atau mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat. Adapun manfaat dari brand imagery adalah untuk membangun hubungan emosional kepada para pelanggan, membangun kepercayaan publik hingga memengaruhi keputusan pembelian produk. Lain halnya dengan brand image yang merupakan sebuah pandangan masyarakat terhadap suatu brand tertentu, baik itu pandangan positif maupun negatif yang terbentuk dari faktor-faktor seperti kualitas produk, testimoni pelanggan dan lain sebagainya. 

label produk

Dalam membangun brand imagery terdapat beberapa aspek penting yang perlu diketahui agar pesan brand yang ingin disampaikan dapat diterima dengan jelas oleh publik, di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. Tujuan 

Aspek pertama yang perlu Anda ketahui adalah tujuan dari kegiatan brand imagery itu sendiri. Untuk menentukan tujuan pastinya Anda harus mengetahui nilai/value yang dijual, keingingan atau kebutuhan pasar serta tujuan dari visual representatif yang akan disajikan. 

2. Kenali Target Pasar 

Brand imagery yang baik adalah yang dapat memenuhi hasrat atau keinginan pasar. Anda dapat memposisikan diri sebagai konsumen dengan memikirkan hal-hal sebagai berikut, yaitu produk seperti apa yang diinginkan, bagaimana visual yang harus disajikan agar menarik perhatian, serta hal-hal penting apa yang harus diketahui oleh masyarakat. 

3. Penggunaan Warna 

Warna memiliki peran penting pada sebuah visualisasi brand imagery, sebuah warna diyakini dapat melibatkan emosional masyarakat serta sebagai salah satu faktor penguat identitas suatu brand di benak pelanggan. 

Promotional Sign

4. Bentuk 

Bentuk logo, packaging/kemasan maupun ornamen-ornamen desain grafis pada visualisasi konten iklan, tentunya memiliki maknanya tersendiri. Bentuk-bentuk tersebut dapat merepresentasikan tone atau gaya yang ingin disampaikan oleh suatu brand tertentu.  

5. Simplicity 

Simplicity atau kesederhanaan merupakan aspek yang patut dipertimbangkan ketika membangun brand imagery, sesuatu yang sederhana tentunya akan lebih mudah dikenali atau diingat oleh masyarakat. 

6. Unik 

Agar brand yang Anda miliki terlihat lebih standout daripada kompetitor, menjadi unik merupakan suatu aspek brand imagery yang sangat penting. Visual yang unik tentunya dapat menarik perhatian lebih masyarakat terhadap brand yang Anda miliki. 

7. Konsisten 

Hal penting lainnya dalam membangun brand imagery yang sukses adalah konsistensi dalam hal tone/gaya visual yang ditampilkan, sebuah konsistensi dapat membantu brand Anda agar lebih mudah dikenali atau diingat oleh masyarakat. 

ADD COMMENT

Your email address will not be published.

Send via WhatsApp