3 jenis stiker QUANTAC terlaris di indonesia

3 Jenis Stiker TERLARIS Di INDONESIA

Stiker atau label sudah jamak kita jumpai dan gunakan di dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, berbagai jenis stiker telah tersedia. Penggunaaan/aplikasinya pun kian beragam. Kali ini kita akan membahas lebih rinci mengenai jenis-jenis stiker atau label dan aplikasinya.

Konstruksi stiker pada umumnya terdiri dari 3 lapisan yaitu:

  1. face material – ini adalah bagian berperekat (lem) yang nantinya akan kita gunakan untuk ditempel/diaplikasikan pada media tempel.
  2. adhesive atau lem
  3. release paper/release liner/backing paper yaitu kertas di bagian belakang stiker yang dibuang setelah stiker di atasnya dikelet.
Komposisi stiker QUANTAC

Dari aspek face material, ada 2 tipe besar stiker yaitu: stiker kertas dan stiker film/vinyl. Stiker kertas adalah stiker yang bahan mukanya (face material) terbuat dari kertas. Stiker berbahan kertas paling banyak digunakan adalah stiker chromo/cast-coated, stiker HVS, stiker semi-coated/art paper, stiker direct thermal, dan lain-lain. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai stiker chromo, klik disini.

Sedangkan stiker film atau yang sering disebut stiker vinyl adalah stiker yang bahan permukaannya (face material) terbuat dari film/plastik. Stiker berbahan film/plastik yang paling banyak digunakan adalah stiker PVC, PP, PET, dan PE tergantung jenis dan tujuan aplikasinya. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai stiker vinyl, klik disini.

Lalu dari aspek teknologi cetaknya. Mulai dari offset konvensional, sablon/screen printing, letter press, flexography, gravure hingga digital press electrophotography dan berbagai jenis teknologi inkjet large format. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai stiker large format, klik disini.

Terakhir dari segi format. Ada stiker yang dicetak dalam bentuk lembaran (sheet) ada juga yang berbentuk rol baik mini, narrow maupun wide/large format.

jenis jenis bahan stiker

Nah selanjutnya nih guys, mari kita bicarakan berbagai jenis aplikasi stiker/label. Stiker umumnya digunakan untuk berbagai aplikasi antara lain:

  1. sebagai label dekorasi/label merek dan label informasi di berbagai kemasan aneka produk sehari-hari misal di kemasan makanan dan minuman, obat dan suplemen, produk kosmetik dan perawatan kecantikan, produk-produk rumah tangga, dan lain-lain
  2. sebagai label informasi variabel misal sebagai stiker label barcode dengan running number
  3. sebagai stiker logistik
  4. sebagai stiker label harga di toko
  5. sebagai stiker saat kampanye pemilu/pilkada
  6. sebagai stiker mainan dan edukasi
  7. sebagai stiker keanggotaan
  8. sebagai stiker dekorasi motor
  9. sebagai stiker wrapping branding di mobil, bus, dan lain-lain
  10. sebagai stiker wrapping bangunan
  11. sebagai stiker untuk iklan di bebagai media di dalam maupun luar ruangan (indoor maupun outdoor)
  12. dan lain-lain

Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

ADD COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send via WhatsApp