Kupas Tuntas Stiker Chromo QUANTAC

Kupas Tuntas Stiker Chromo

Stiker Chromo dikenal dengan berbagai istilah. Stiker CAST COAT atau CAST COATED, stiker mirror cote atau mirror coat merupakan beberapa sebutan yang awam digunakan untuk menamai stiker jenis ini. Kertas yang digunakan untuk menghasilkan stiker ini adalah kertas cast coat atau chromecoat atau mirror coat atau mirror cote apapun istilah yang digunakan, sebenarnya adalah kertas HVS/woodfree dengan speksifikasi gramasi (satuan gram per meter persegi kertas) dan ketebalan (micron) tertentu yang diproses pada satu sisi dengan aplikasi atau penambahan kaolin (clay) untuk menutupi pori-pori kertas dasar yang kasar sehingga menghasilkan kepadatan kertas yang tinggi dengan permukaan halus dan rata. Kaolin yang sudah dilapisi di atas kertas kemudian di-press pada silinder logam sehingga menghasilkan permukaan yang semakin rata, halus, dan mengkilau. Karena fitur mengkilau inilah, kertas ini kadang mendapat sebutan MIRROR COAT/MIRROR COTE karena mengkilap, berkilau, dan seolah-olah kita dapat bercemin. Kertas Chromo ini kemudian diproses lagi menjadi stiker dengan penambahan lem dan release paper/backing paper.

Stiker Chromo sangat popular digunakan karena mengkilap, berkilau, bersih, dan rata sehingga menambah daya tarik. Stiker ini sudah lama untuk dicetak dengan menggunakan teknologi offset maupun fleksografi. Aplikasinya pun bermacam-macam, sebagai stiker merek, stiker kemasan, stiker promosi, stiker kontentasi PILKADA/PEMILU, stiker mainan anak-anak, stiker dekorasi, stiker pendidikan, stiker penanda, stiker instruksi, stiker pengumuman, stiker hadiah, dan lain-lain. Ada banyak sekali merek dan kualitas Stiker Chromo grade offset yang beredar di pasaran saat ini dan para pengguna bebas menentukan pilihan sesuai kebutuhan.

Pada tahun-tahun belakangan ini, dengan semakin populer dan meningkatkan kualitas hasil cetak mesin berteknologi elektrophotografi (semacam mesin fotokopi warna) yang bisa mencetak bukan hanya kertas dan karton, tetapi sudah bisa mencetak berbagai materia sintetis/film/plastik 4 dengan hasil cetak dan fitur yang memukau, maka Stiker Chromo mulai ramai dicetak di mesin-mesin elektrophotografi ini atau yang disebut sebagai digital press atau digital offset A3+. Cara kerja mesin ini juga menyerupai mesin dan teknologi offset, diproses cetak dalam bentuk lembaran dengan ukuran A3+ (325 mm x 485 mm) hingga B2 (520 mm x 750 mm) pada umumnya.

Karena proses cetak offset dan elektrophotografi serupa tapi tidak sama dan dengan jenis tinta berbeda, maka untuk mendapatkan hasil terbaik, Stiker Chromo untuk digital offset A3+ perlu mendapat treatment permukaan pada saat stiker sedang diproduksi di pabriknya yaitu melalui penambahan agen kimia (chemical agent) yang disebut ink receptive primer/top coat.

Dengan penambahan lapisan ink receptive primer/top coat ini, tinta toner yang diaktivasi dengan tegangan listrik pada mesin digital press dapat melekat kuat sekali dengan permukaan Stiker Chromo ini. Warna yang dihasilkan pun lebih cerah. Untuk dapat digunakan di mesin digital press, maka stiker harus meiliki spesifikasi tertentu dengan kualitas yang baik. Ketebalan antara 190-210 microns dengan gramasi minimal 200 gsm. Serat kertas pun harus serat panjang untuk menambah kekakuan stiker saat melaju di dalam mesin sehingga proses cetak lancar tidak jammed/macet di dalam mesin. Stiker yang macet di dalam mesin digital press dapat menyebabkan berbagai kerusakan baik minor maupun sangat serius. Penggantian komponen yang rusak akan memakan biaya dan waktu, mengurangi produktivitas dan tentunya, peluang bisnis.

QUANTAC® sejak hadir sejak 2014 lalu telah memilih spesialisasi di bidang material A3+ untuk cetak digital offset. Berbagai material unik telah kami hadirkan di dalam range produk, termasuk Stiker Chromo ini. Stiker Chromo merek QUANTAC® memang diformulasi dan diproduksi dengan spesifikasi dan kualitas yang khusus untuk cetak digital offset A3+. Bukan hanya jenis kertas dan spesifikasi kertas yang paten, seluruh stiker QUANTAC® menggunakan teknologi lem acrylic dry adhesive yang tidak beleber/oozing saat proses potong. Lem yang beleber bisa menyebabkan mesin jammed/macet karena stiker saling lekat antar lembar dan mesin akan menarik lebih dari 1 lembar saat feeding.

Proses pemotongannya pun presisi sekali karena langsung dikonversi dari jumbo roll menjadi berbagai ukuran lembaran sheet size mulai A3+ hingga B2, kemudian disisir rapi sekali lagi menggunakan guillotine berteknologi tinggi dari Jerman, sehingga ukurannya sangat presisi dengan toleransi seketat 0.5 mm saja dan bentuknya persegi sempurna. Selanjutya, proses pengemasan yang teliti dan ketat serta kualitas bahan kemasan pun sangat diperhatikan untuk meminimalkan kontaminasi pada produk yang dapat mempengaruhi hasil cetak. Potongan ukuran harus dijamin tepat supaya dapat berjalan mulus di dalam mesin saat cetak. Ukuran material yang tidak presisi juga dapat menyebabkan jammed/macet saat cetak.

Inilah yang menjadi keunggulan-keunggulan utama Stiker Chromo merek QUANTAC® yang saat ini adalah pemimpin pasar di bidang digital offset A3+. Stiker Chromo merek QUANTAC® sangat popular digunakan di mesin cetak digital offset, dengan berbagai ukuran dan pilihan. Stiker Chromo merek QUANTAC® juga didukung oleh tim technical support yang handal dan memahami seluk beluk material dan proses cetak. Pengetahuan dan pengalaman lama mengenai seluk beluk stiker, teknik cetak, kondisi aplikasi stiker, jenis-jenis lem stiker, dan lain-lain adalah modal tim tecnical support kami untuk terus memberikan solusi terbaik, sehingga merek QUANTAC® selalu menjadi jaminan mutu dan kepuasan serta selalu dipercaya semua pelanggan dan pengguna.

ADD COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send via WhatsApp