UMKM Starter Pack 2023
Tahun 2023 diprediksi oleh para tokoh serta pakar ekonomi dunia akan mengalami resesi ekonomi secara global. Tentunya hal ini sangat tidak diingkan terjadi, mengingat dampak buruk yang disebabkan oleh resesi ekonomi dapat menyulitkan keadaan ekonomi masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut, bagi Anda para pelaku usaha baik skala UMKM ataupun besar perlu adanya tindakan preventif sebelum resesi ekonomi benar-benar terjadi. Tindakan preventif yang dibutuhkan adalah kemampuan suatu bisnis untuk dapat beradaptasi dan berinovasi dalam berbagai hal agar menciptakan efisiensi bisnis. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai tindakan preventif untuk menghadapi resesi ekonomi global dalam sudut pandang pelaku usaha UMKM.
Manfaatkan sistem pembayaran digital
Melakukan pembayaran tanpa menggunakan uang tunai memang sudah menjadi hal yang lumrah belakangan ini. Berkat kemajuan teknologi kita dapat memanfaatkan sistem pembayaran melalui channel-channel digital yang ada seperti melalui dompet digital, mobile banking, hingga QR Code payment.
Anda dapat memanfaatkan stiker sebagai payment sign, yang ditempelkan pada meja kasir agar memudahkan kegiatan transaksi.
Inovasi packaging
Packaging/kemasan tidak cukup hanya memiliki estetika yang enak dipandang saja, melainkan packaging juga harus memiliki sisi fungsional. Contohnya seperti ilustrasi foto di atas yang merupakan sebuah packaging produk minuman kopi berbentuk cup holder sehingga memudahkan konsumen dalam membawanya.
Gift, Souvenir/Merchandise
Sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga relasi dengan pelanggan adalah memberikan mereka sebuah cenderamata atau hadiah. Berikan hadiah sederhana yang disertai dengan kartu ucapan, agar hadiah tersebut terkesan lebih personal dan intim.
Peningkatan layanan
Kepuasan pelanggan terhadap usaha yang kita miliki merupakan hal yang perlu dijaga dan ditingkatkan. Selalu berikan service pelanggan yang prima dengan tujuan pelanggan tersebut loyal terhadap usaha yang kita miliki.
Berinvestasi pada pelanggan
Pelanggan Anda merupakan aset yang paling berharga terhadap kelancaran usaha. Berinvestasilah kepada pelanggan yang loyal dengan produk Anda agar pelanggan merasa lebih dihargai. Contoh kegiatan investasi kepada pelanggan adalah dengan mengadakan program loyalitas pelanggan seperti penawaran terbatas, cashback, paket bundling dan beragam program loyalitas pelanggan lainnya.
Hargai pelanggan loyal Anda dengan memberikan mereka sebuah loyalty/exclusive member card, tujuannya adalah agar pelanggan tersebut merasa lebih diprioritaskan sehingga diharapkan mereka menjadi loyal terhadap usaha yang kita miliki.