Pressure-Sensitive Adhesive QUANTAC®

Pengetahuan Umum Tentang PRESSURE-SENSITIVE ADHESIVE (PSA)

Kali ini kita akan membahas mengenai Pressure-Sensitive Adhesive (PSA). Pasti banyak dari kalian baru mendengar istilah ini dan muncul pertanyaan ‘apa sih itu Pressure-Sensitive Adhesive?’. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan material sticker kan? Yup! Pressure-Sensitive Adhesive (PSA) sudah dikenal di masyarakat umum dengan istilah material sticker. Material sticker yang dimaksud adalah sticker yang belum masuk ke tahap proses cetak, dimana sticker itu masih polos/belum tercetak sama sekali. Nah, disini kita akan membahas seputar Pressure-Sensitive Adhesive (PSA) atau yang kalian kenal dengan istilah material sticker.

Mengapa disebut dengan Pressure-Sensitive Adhesive (PSA) ? Karena material sticker itu membutuhkan tekanan pada saat ditempelkan ke objek/media yang akan ditempel sticker. Setelah ditempel ke objek/media, sticker membutuhkan waktu selama 24 jam (setelah aplikasi) untuk mencapai daya rekat yang maksimal.

Pada material sticker harus membutuhkan adhesive/lem agar menempel pada objek/media. Pada umumnya , adhesive/lem untuk Press-Sensitive Adhesive (PSA) atau material sticker umumnya ada 4 jenis, yaitu:

  1. WATER BASE

Pada jenis ini, adhesive/lem yang akan digunakan untuk material sticker dicampur dengan air saat akan di-coating ke material. Water Base ini merupakan jenis yang

paling banyak digunakan karena memiliki kualitas yang baik dan dari segi biaya lebih ekonomis.

  1. SOLVENT BASE

Di jenis ini, adhesive/lem yang digunakan untuk material sticker dicampur dengan toluene saat akan di-coating ke material. Jenis Solvent Base ini biasanya lebih mahal dan digunakan untuk sticker dengan spesifikasi/aplikasi khusus.

  1. HOT MELT GLUE

Adhesive/lem yang digunakan untuk material sticker dipanaskan hingga cair kemudian di-coating ke material. Jenis Hot Melt Glue ini paling praktis karena tidak perlu komposisi dengan pelarut, namun memilikii shelf-life paling pendek dan kekuatan lem memudar dengan cepat dalam suhu panas dan kering.

  1. RUBBER GLUE

Nah, jenis terakhir ini merupakan tipe adhesive/lem yang basah dan tebal. Biasanya jenis Rubber Glue ini digunakan untuk material sticker yang bertujuan untuk digunakan pada objek/media yang berbulu, kasar, dan bertekstur.

Selanjutnya kita akan membahas kategori adhesive/lem pada sticker. Kategori adhsesive/lem yang digunakan pada umumnya ada 2, yaitu Soft Adhesive atau Hard Adhesive. Setiap kategori Soft Adhesive atau pun Hard Adhesive memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, berikut informasinya :

Pressure-Sensitive Adhesive QUANTAC®

Nah gimana nih Sobat DSI, udah mulai dapet ilmu baru kan tentang Press-Sensitive Adhesive/material sticker? Jangan lupa ya pantengin terus berita-bertia di website kita, kita bakal share terus mengenai informasi-informasi seputar material digital print. Jangan lupa juga untuk mengikuti semua media sosial kita untuk mendapatkan informasi yang lebih. Nah kita ada bonus informasi nih tentang sticker QUANTAC®. Informasi dibawah ini adalah adhesive/lem yang digunakan untuk material sticker QUANTAC® :

Pressure-Sensitive Adhesive QUANTAC®

ADD COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send via WhatsApp