Berat bahan dan ketebalan bahan digital printing

Pembahasan Gramasi dan Mikron pada Kertas

Kertas merupakan elemen penting dalam industri percetakan, selain mesin print dan design. Terdapat macam-macam varian kertas mulai dari ukuran, berat, serta ketebalan kertas. Kali ini kita akan membahas macam-macam varian kertas berdasarkan berat dan ketebalannya, agar dapat menjadi solusi untuk kebutuhan print sobat DSI.

Berat kertas dinyatakan dalam satuan gramasi, atau dilambangkan dengan g/m2 atau gsm. Jenis kertas seperti HVS, Folio, dsb biasanya menggunakan gramasi sebagai acuan ukurnya. Dikarenakan unsur dari kertas tersebut memiliki pori-pori yang bisa meresap udara lembab dan air sehingga dapat merubah berat/gramasi kertas, namun tidak merubah ketebalannya. Sedangkan ketebalan kertas diukur dalam satuan mikronmeter (μm). Jenis kertas yang menggunakan ukuran ketebalan biasanya jenis kertas sintetis seperti stiker Film/PP, PET, PVC, dsb. Berdasarkan uraian sebelumnya, dapat dibedakan antara gramasi/gsm yang digunakan untuk mengukur berat kertas, sedangkan mikronmeter (μm) digunakan untuk mengukur ketebalan kertas.

satuan gram per meter persegi bahan/kertas

Dengan mengetahui ukuran berat kertas, dapat membantu sobat DSI untuk menentukan kebutuhan print anda. Karena perbedaan berat/gramasi pada kertas, membuat kertas memiliki karakteristik tersendiri berdasarkan beratnya. Sebagai contoh kertas HVS dengan berat 80gsm sangat cocok digunakan untuk kebutuhan sekolah atau kantor, sedangkan kertas yang memiliki bobot lebih berat misalnya kertas Art Carton 310gsm, sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan cetak undangan, kartu nama, dsb. Berdasarkan beratnya, kertas terbagi menjadi beberapa urutan, seperti kertas dengan berat 90 gsm yang termasuk dalam kategori uncoated, sehingga sangat cocok untuk kebutuhan menulis dokumen. Kemudian kertas dengan berat 130gsm yang biasanya cocok untuk dijadikan material untuk majalah, poster, brosur, dsb, dikarenakan kertas dengan bobot ini biasanya tahan terhadap pemudaran tinta atau sudah memiliki coatingan/coated. Terdapat pula jenis kertas dengan ketebalan 170gsm hingga 350gsm yang umum disebut sebagai kertas karton, yang diperuntukan untuk mencetak kebutuhan dokumen seperti undangan, kartu nama, sertifikat, dan banyak kegunaan lainnya. Semakin berat gramasi suatu kertas, maka kertas memiliki daya tahan dan kekuatan yang lebih baik.

Suatu kertas dapat dipengaruhi kualitasnya berdasarkan ketebalannya, karakteristik dari masing-masing ketebalan kertas juga memiliki kegunaannya tersendiri pula. Kertas sintetis seperti PP/BOPP, PET, dan PVC menggunakan ketebalan sebagai acuan ukurnya, berbeda dengan kertas biasa yang menggunakan gramasi sebagai satuan ukurnya. Hal ini dikarenakan kertas sintetis memiliki bahan dasar plastik, yang membuat kertas sintetis bersifat solid sehingga ketebalannya dapat mempengaruhi berat kertas itu sendiri. Ketebalan kertas dapat mempengaruhi sifat dari kertas, semakin tinggi ketebalan kertas maka sifat kertasnya menjadi kaku/rigid, begitupun sebaliknya. Semakin tipis ketebalan kertas, maka kertas akan semakin lentur. Sebagai contoh, kertas yang memiliki nilai ketebalan tipis, sangat cocok diaplikasikan menjadi stiker yang dapat di tempel pada media yang tidak rata, seperti ditempelkan pada botol, gelas, toples, dsb yang memiliki permukaan cekung. Sedangkan kertas yang memiliki nilai mikron yang tebal, dapat diaplikasikan menjadi kartu nama, cover buku, sertifikat, dan lain sebagainya.

satuan ukuran tebalnya suatu bahan/kertas

Stiker dari QUANTAC® memiliki kualitas mutu yang sudah terjamin dari berbagai aspek materialnya, mulai dari ukuran hingga ketebalannya. Seluruh varian stiker QUANTAC® memiliki ketebalan pada bagian face filmnya dibawah 100 μm, dengan ketebalan tersebut sudah dipastikan stiker dari QUANTAC® memiliki sifat yang lentur dan fleksibel sehingga dapat menjadi solusi untuk kebutuhan percetakan anda. Demikian pembahasan Gramasi dan Mikron pada kertas, semoga dapat menjadi pemahaman yang bermanfaat untuk sobat DSI.

Sumber :

Ofiskita. (2019, June 14). 5 Level Ketebalan Kertas untuk Produk Cetak Berbeda. Retrieved August 4, 2021, from ofiskita.com/: https://ofiskita.com/articles/detail/5-level-ketebalan-kertas-untuk-produk-cetak-berbeda

SolusiPrinting.com. (2020). Kertas Tebel Atau Tipis? Simak Dulu Jenis Gramatur Kertas Ini. Retrieved Agustus 3, 2021, from solusiprinting.com: https://solusiprinting.com/kertas-tebel-atau-tipis-simak-dulu-jenis-gramatur-kertas-ini/

ADD COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send via WhatsApp