Pemanfaatan Media Iklan Luar Ruang sebagai Penunjang Event Marketing
Event marketing merupakan salah satu strategi pemasaran perusahaan, yang bertujuan untuk mendapatkan manfaat dengan berpartisipasi pada sebuah acara/event. Manfaat yang didapatkan perusahaan melalui event marketing meliputi peningkatan brand awareness terhadap produk/jasa yang dijual, meningkatkan brand positioning di dalam pasar, menciptakan kedekatan emosional antara konsumen dengan produk/jasa, menjalin relasi dengan para stakeholder terlibat serta meningkatkan penjualan secara langsung.
Adapun beberapa contoh kegiatan event marketing yang dapat diterapkan oleh perusahaan meliputi pameran, product launching, konser musik, seminar, workshop dan lain-lain. Dari setiap jenis event yang ada tentunya memiliki karakteristik atau tipikal yang berbeda-beda, sehingga sangat penting untuk Anda pertimbangkan dengan matang sebelum mengeksekusi/mengadakan kegiatan event marketing. Hal penting lainnya yang patut dipertimbangkan sebelum melaksanakan kegiatan event marketing adalah kegiatan promosi event itu sendiri, agar masyarakat terinformasi dan tertarik dengan acara yang akan diselenggarakan. Terdapat berbagai media promosi yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan promosi kegiatan event marketing, salah satunya adalah periklanan media luar ruangan atau out of home advertising (OOH). Namun pertanyaannya, seberapa efektif kah pemanfaatan media luar ruang sebagai sarana penunjang kegiatan event marketing?
Periklanan media luar ruang merupakan sebuah kegiatan promosi yang dilakukan pada ruang publik, dengan menargetkan banyak orang. Biasanya jenis media yang digunakan pada periklanan media luar ruang adalah baliho, spanduk/banner, signage/neon box, videotron hingga melakukan wrapping stiker promosi pada kendaraan seperti yang sedang ramai belakangan ini. Manfaat yang didapatkan ketika melaksanakan periklanan media luar ruang untuk kegiatan event marketing adalah sebagai berikut:
1. Efektif menyampaikan pesan iklan
Konten yang diiklankan pada media luar ruang pada dasarnya harus bersifat singkat dan padat akan informasi penting yang ingin disampaikan. Mengingat iklan akan di tempatkan pada ruang publik, dengan mobilitas masyarakat yang akan melihat iklan Anda hanya dalam hitungan detik.
2. Peningkatan brand awareness secara masif
Biasanya lokasi pemasangan media iklan luar ruangan akan di tempatkan pada ruang publik yang memiliki mobilitas masyarakat tinggi, dengan karakteristik tersebut akan sangat cocok jika Anda memiliki tujuan konten iklan untuk peningkatan awareness masyarakat terhadap kegiatan event marketing yang akan dijalankan.
3. Impresi iklan yang tinggi
Dalam kegiatan promosi event marketing tentunya harus dilakukan secara masif dengan pemasangan konten iklan di lokasi yang berbeda-beda, dengan tujuan mendapatkan awareness masyarakat sebanyak-banyaknya. Impresi atau frekuensi seberapa sering masyarakat melihat konten iklan Anda, diharapkan dapat memengaruhi psikologis mereka untuk mengetahui lebih lanjut tentang iklan yang dilihat. Pastikan konten iklan dibuat secara menarik dan membuat masyarakat penasaran/ingin mengetahui lebih lanjut, mengenai kegiatan event marketing yang akan Anda selenggarakan.
4. Visual iklan dengan ukuran besar
Jenis media iklan yang digunakan untuk iklan luar ruangan biasanya berupa baliho, signage/neon box, spanduk atau banner dan lain-lain yang dicetak menggunakan bahan cetak large format. Iklan Anda tentunya akan memiliki visual yang besar dan akan sangat mudah untuk dilihat oleh masyarakat luas.
Berdasarkan penjelasan manfaat yang didapat melalui periklanan media luar ruang terhadap kegiatan event marketing. Akan sangat efektif jika tujuan iklan Anda untuk meningkatkan awareness dan impresi publik, terhadap kegiatan event marketing yang akan diselenggarakan. Untuk mecapai tujuan tersebut tentunya Anda harus membuat konten iklan yang singkat dan padat, serta pemasangan iklan secara masif untuk mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat. Tedapat beragam pilihan bahan cetak dengan kualitas dan spesifikasi bahan tertentu, yang ditawarkan di pasaran untuk kebutuhan media iklan luar ruangan Anda. PT. Digital Sarana Intimedia menyediakan bahan cetak stiker large format QUANTAC® MAX untuk kebutuhan media promosi luar ruangan, dengan spesifikasi bahan dasar pillihan untuk mendukung kualitas dan hasil cetak yang terbaik. Selain bahan cetak stiker large format, tersedia juga bahan-bahan cetak digital printing lainnya baik itu stiker A3+ QUANTAC®, kertas foto premium, fancy paper, material banner serta beragam bahan cetak digital printing lainnya dengan jaminan kualitas dan pelayanan purnajual yang sangat baik.
Referensi
Glints. (2021, Juli). Glints Blog. Diakses pada Maret 8, 2023, from Glints: https://glints.com/id/lowongan/above-through-below-the-line/#.ZAwK-nZBzIV
Glints. (2022, November). Glints Blog. Diakses pada Maret 9, 2023, from Glints: https://glints.com/id/lowongan/strategi-event-marketing/#.ZAwKa3ZBzIV
Solusi Printing. (2020). Artikel. Diakses pada Maret 10, 2023, from Solusi Printing: https://solusiprinting.com/berbagai-kelebihan-dan-kekurangan-media-luar-ruang/
Stickearn. (2022). Blog. Diakses pada Maret 9, 2023, from Stickearn: https://stickearn.com/blog/blog/kelebihan-media-luar-ruangan