Mengkomunikasikan Produk Kepada Konsumen Melalui Label

Mengkomunikasikan Produk Kepada Konsumen Melalui Label

Dalam menggeluti dunia UMKM khususnya untuk produk makanan dan minuman, tentunya label adalah hal yang cukup penting. Menurut Philip Kotler seorang professor dalam bidang pemasaran, berikut ini merupakan tujuan dan fungsi label produk:

  1. Label mengidentifikasi produk atau merek
  2. Label menentukan kelas produk
  3. Label menggambarkan beberapa hal mengenai produk (siapa pembuatnya, di mana dibuat, kapan dibuat, apa isinya, bagaimana menggunakannya dan bagaimana menggunakan secara aman)
Ilustrasi produk makanan dan minuman UMKM

Secara garis besar, label merupakan sarana komunikasi antara produsen dengan konsumen. Hal yang paling utama adalah bagaimana pelaku UMKM produk makanan dan minuman ini dapat menyajikan informasi penting yang perlu diketahui oleh konsumen. Informasi tersebut dapat berupa komposisi, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, informasi nilai gizi dan cara penyajian atau konsumsi.

Ilustrasi komposisi makanan/minuman, tanggal kedaluwarsa, informasi nilai gizi, cara penyajian/konsumsi

Selain hal mendasar terkait informasi penting, aspek lain yang perlu diperhatikan adalah kreatifitas. Tidak heran, apabila para pelaku UMKM berusaha untuk sekreatif mungkin dalam membuat desain, tentu saja tujuannya adalah untuk menciptakan kesan kepada konsumen tentang produk mereka. Ada banyak pilihan tentang bagaimana kesan akan diciptakan, hal tersebut tergantung dari tujuan dan target sasaran dari produk makanan atau minuman tersebut dibuat. Misalnya saja kesan produk makanan atau minuman yang diperuntukkan bagi anak muda atau kekinian, diperuntukkan hidup sehat seperti minuman atau makanan alami, atau makanan dan minuman yang bernuansa tradisional.

Ilustrasi contoh label makanan minuman anak muda kekinian, alami dan tradisional

Selain kedua hal penting di atas, Anda juga dapat membuat produk makanan atau minuman yang menggunakan desain tematik sesuai dengan apa yang sedang trend atau momen apa yang sedang berlangsung. Sebagai contoh, di bulan Februari ini adalah momen Valentine atau hari kasih sayang, maka Anda dapat membuat desain label spesial hari Valentine.

Sample aplikasi drink label

Dari banyak upaya untuk mencantumkan informasi penting, membuat desain untuk kesan produk serta membuat tematik label, pemilihan material cetak untuk label produk makanan dan minuman adalah hal yang penting juga untuk dipertimbangkan. Kesesuaian penggunaan jenis stiker juga mempengaruhi bagaimana konsumen melihat produk kita. Anda dapat memilih jenis stiker yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya adalah untuk minuman yang direkomendasikan disajikan dalam keadaan dingin dapat menggunakan stiker berbahan PET seperti jenis stiker QUANTAC® PET Glossy. Bahan stiker tersebut tidak akan rusak ketika masuk ke dalam kulkas ataupun terkena air. Untuk informasi lebih lanjut tentang jenis stiker label QUANTAC® silahkan klik disini.

ADD COMMENT

Your email address will not be published.

Send via WhatsApp