
Mengetahui Unique Selling Point & Value Proposition
Dalam menjalankan suatu bisnis, akan lebih mudah jika kita memiliki unique selling point atau value proposition terhadap brand/produk yang kita jual. Dengan memiliki kedua hal tersebut atau hanya salah satunya saja, dapat membuat brand/produk yang kita jual akan memiliki nilai tambah yang dapat kita tawarkan kepada calon pembeli. Artikel kali ini akan membahas pengertian dari unique selling point dan juga value proposition, beserta perbedaan di antara kedua hal tersebut.

Unique Selling Point
Unique selling point atau yang biasa disingkat USP merupakan sebuah faktor unik atau pembeda pada suatu brand/produk dengan pesaing atau kompetitornya. Untuk memiliki USP pada sebuah brand/produk biasanya dapat bebentuk sebuah fitur unik yang ada pada produk, kualitas pelayanan yang diberikan, kemasan yang menarik, harga yang lebih terjangkau dan lain sebagainya. Sebagai contoh adalah stiker QUANTAC® MAX Grey Adhesive memiliki lapisan adhesive/lem berwarna abu-abu, yang dapat membuat hasil cetak stiker lebih tajam atau lebih terang jika dibandingkan stiker yang memiliki adhesive/lem berwarna hitam.

Value Proposition
Selain unggul dengan memiliki USP, sebuah brand/produk juga dapat unggul ketika memiliki value proposition atau VP. VP merupakan sebuah pernyataan tentang nilai unik atau manfaat unik dari sebuah brand/produk yang ditawarkan kepada calon pembeli. VP bisa didapatkan melalui pernyataan konsumen mengenai produk yang Anda jual atau nilai unik yang diciptakan oleh suatu produk itu sendiri di dalam pasar. Dalam hal menentukan VP Anda dapat meminta testimoni pelanggan terhadap brand/produk Anda, atau melalui riset mengenai produk Anda secara kualitatif maupun kuantitatif.

Berdasarkan penjelasan di atas tentunya sangat penting untuk memiliki USP maupun VP pada brand/produk yang kita jual, dengan memiliki hal tersebut pastinya kita dapat meyakinkan para calon pembeli kenapa mereka harus memiliki produk yang kita jual. PT. Digital Sarana Intimedia selaku supplier material cetak digital baik untuk ukuran A3+ maupun large format, dapat menjadi solusi untuk Anda yang ingin meningkatkan brand value produk melalui berbagai hal yang berhubungan dengan kebutuhan material cetak seperti stiker kemasan, material PET/PVC untuk packaging, stiker branding dan lain sebagainya yang dapat menghadirkan keunikan tersendiri terhadap brand/produk Anda. Segera kunjungi katalog produk kami dengan klik di sini, untuk mengetahui informasi produk lebih lanjut.