Kertas RFID atau RFID Paper

Kertas Canggih RFID

Salam sobat DSI di manapun anda berada. Teknologi merupakan sebuah sarana yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam melakukan kegiatannya agar lebih efisien dan cepat. Pernahkah anda berpikir bagaimana cara sekeping kartu dapat membuka pintu hotel, akses gedung dan masuk ke wahana permainan hanya dengan menempelkannya? Atau pernahkah anda melihat sekeping kartu dapat memindai data diri secara cepat seperti nomor ponsel, alamat rumah dan kantor, alamat website, jabatan bahkan sampai nama panggilan anda? Ya, betul sekali, apa yang anda lihat merupakan implementasi teknologi yang sudah menjamur di tengah masyarakat. Teknologi tersebut adalah dengan RFID Paper atau Radio Frequency Identification.

RFID Paper adalah kertas yang di dalamnya telah ditanam microchip atau antena yang dapat menyimpan data. Satu-satunya perusahaan di dunia yang dapat memproduksi kertas total flat surface dengan implan microchip di dalamnya adalah ISBC dari Rusia. ISBC bekerja sama dengan NXP sebagai produsen microchip untuk menciptakan RFID Paper ini. Selain memproduksi RFID Paper, ISBC juga merancang mesin untuk input atau encode data yang dinamakan e-Perso. Dengan e-Perso, data yang kita kehendaki bisa diunggah ke dalam microchip secara mudah dan cepat. Tiap lembar RFID Paper bisa di-encode dalam waktu 83 milidetik atau 0,083 detik. Wow, super kilat kan?!

Kertas RFID dipindai secara nirkabel atau wireless dengan memanfaatkan gelombang frekuensi radio. Untuk dapat membaca data dari microchip diperlukan alat pembaca atau tag reader. Tag reader ini bisa berupa alat yang memang secara khusus diciptakan seperti yang digunakan untuk kartu akses kamar hotel, entrance gate atau pintu masuk gedung dan lain-lain, Selain itu, tag reader juga dapat berupa perangkat sudah tersemat di dalam ponsel pintar yang kita gunakan sehari-hari dengan fitur NFC. Yup, betul sekali, dengan ponsel pintar yang ada di gengaman kita, fitur NFC dapat digunakan untuk memindai dan membaca data dari microchip.

Keunggulan utama teknologi RFID dibandingkan dengan teknologi QR code adalah hanya dengan sekali ketuk, data akan langsung dipindai dan secara otomatis tersimpan dalam ponsel pintar. Contohnya adalah kartu nama, dengan sekali tap NFC saja data langsung dapat disimpan ke dalam phone book ponsel pintar kita. Keunggulan kedua adalah faktor kemanan, di mana data yang disimpan dalam microchip RFID dapat dikunci dengan password sehingga data tidak bisa diubah. Fitur ini sangat diperlukan untuk aplikasi yang membutuhkan keamanan data dan menghindari pemalsuan. Sebagai contohnya aplikasi untuk tiket, kartu akses, sertifikat, ijazah, keaslian suatu produk, dan masih banyak lagi. Selain itu RFID dengan microchip tertentu dapat dipindai dari jarak yang cukup jauh hingga 20 meter sehingga cocok digunakan misalnya untuk tag barang persediaan. Menarik bukan? Hal–hal inilah yang membuat RFID Paper lebih unggul dibandingkan dengan barcode karena otentisitas atau keaslian lebih terjaga, dapat menyimpan data dengan kapasitas yang lebih besar, simple, efisien, mengurangi kontak langsung, detail dan dapat dipindai dari jarak jauh.

Kabar baiknya, RFID Paper ini memiliki beragam layout sehingga dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan anda ya sobat DSI. Layout yang dimaksud di sini adalah tata letak antena dan microchip yang telah didesain sedemikian rupa pada kertas, sehingga tinggal digunakan saja sesuai dengan peruntukannya. Misalnya untuk membuat kartu nama, anda dapat menggunakan kertas dengan layout 3×8 dengan jumlah 24 antena. Nah, dengan ukuran 325 mm x 480 mm, RFID Paper dengan layout 3×8 ini dapat digunakan untuk smartcard untuk akses masuk, gantungan produk dan kartu nama pintar. Kemudian ada pula layout 1×8 untuk gelang tangan bagi semua acara seperti konser atau pameran. Adapula ukuran A4 untuk kebutuhan secure document seperti ijazah dan sertifikat, ukuran A5 yang bisa digunakan untuk daftar menu atau POP (point of purchase), serta A6 untuk postcard dan badges.

Nah, itu dia beberapa aplikasi dari RFID Paper ya sobat DSI. Selain yang kami sebutkan tadi, anda dapat menjelalah lebih jauh lagi sesuai dengan kebutuhan. Apalagi dalam dunia advertising dan industri kreatif, RFID Paper bisa memberikan nilai tambah bagi produk akhir anda juga lho. Bagi dunia printing pun RFID Paper merupakan hal baru yang perlu dipertimbangkan untuk dicoba, apalagi RFID Paper ini sudah certified HP Indigo. Selamat mencoba ya sobat DSI.

ADD COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send via WhatsApp