Asal Usul Stiker Vinyl

Asal Usul Stiker Vinyl

Apakah kita pernah atau sering mendengar istilah stiker vinil atau vinil susu, stiker transparan?

Stiker VINIL/VINYL sudah jamak disebut dan digunakan di kalangan industri grafika/percetakan offset. Disebut stiker VINIL/VINYL karena memang stiker terbuat dari material PVC (Polivinil Klorida/Polyvinyl Chloride). PVC adalah salah satu dari sekian jenis PLASTIK/FILM yang ada dan kita gunakan sehari-hari. Plastik/film sebenarnya merupakan rangkaian/senyawa hidro karbon yang terbentuk dari atom hidrogen dan karbon yang disebut polimer. Polimer dengan rangkaian atom hidrogen dan karbon yang berbeda-beda menghasilkan jenis plastik/film dengan karakter yang berbeda pula.

7 jenis plastik/film yang sudah dikenal luas

7 tipe plastik atau film
Sumber : https://infographicjournal.com/7-types-of-plastics-their-toxicity-what-theyre-most-commonly-used-for/

Plastik/film punya keunggulan tahan air, tahan minyak dan tidak mudah sobek, dibandingkan dengan kertas. Untuk alasan inilah, beberapa kebutuhan stiker terutama untuk pemakaian agak lama dan akan terekspos lingkungan luar seperti udara, air, kelembaban dan debu kemudian menggunakan jenis stiker berbahan plastik/film. Karena di industri grafika offset, satu-satunya stiker berbahan plastik/film yang umum tersedia dan ramai digunakan adalah berbahan PVC (Polivinil Klorida/Polyvinyl Chloride) maka lambat laun akhirnya para pelaku industri populer menyebutnya sebagai stiker vinil/vinyl. Ini pun akhirnya dikembangkan lagi kemudian menjadi vinil susu dan transparan. Vinil susu adalah sebutan untuk stiker plastik/film berbahan PVC yang berwarna putih dan butek (opaque) karena mirip seperti susu, maka diadopsi menjadi stiker vinil susu.

Lalu stiker vinil pun masih ada 2 jenis umum yaitu yang soft dan rigid. Sedangkan stiker transparan digunakan untuk menyebut stiker plastik/film berbahan PVC yang transparan. Ini sudah menjadi kebiasaan umum di kalangan pelaku industri grafika/percetakan offset. Inilah asal usul penggunaan istilah stiker vinil/vinyl/vinil susu dan stiker transparan.

Dengan semakin berkembangnya industri grafika dan permintaan berbagai jenis dan tipe kemasan dan label saat ini, maka untuk kalangan pelaku industri grafika yang bersepsialisasi di bidang kemasan dan label, tersedia banyak sekali pilihan stiker dengan jenis plastik/film yang berbeda-beda sesuai dengan jenis aplikasi dan peruntukannya masing-masing.

Sedangkan di industri grafika offset, stiker umumnya masih terbagi secara sederhana yaitu stiker berbahan kertas jenis kromo/chromo/cast coated/mirror coat, stiker HVS dan sticker berbahan plastik/film jenis vinil/vinyl susu dan stiker transparan saja. Pada mumnya stiker vinil/vinyl digunakan untuk mencetak berbagai kebutuhan untuk promosi dan periklanan karena akan digunakan di lingkungan luar (outdoor) yang memerlukan ketahanan terhadap air, udara, lembab dan debu serta tidak mudah sobek. Untuk mencetak stiker berbahan plastik/film seperti vinil susu dan transparan, maka mesin offset yang digunakan harus mempunyai unit UV curing pada setiap modul/tower cetaknya dan harus menggunakan tinta offset khusus.

Walaupun sangat populer digunakan hingga saat ini, namun ternyata stiker berbahan plastik/film jenis vinil/vynil dari material PVC (Polivinil Klorida/Polyvinyl Chloride) tidak ramah lingkungan karena PVC adalah jenis plastik yang tidak dapat diuraikan oleh tanah. Proses daur ulangnya juga memerlukan biaya dan energi besar, tidak ramah lingkungan dan menghasilkan emiten gas yang berbahaya bagi kesehatan.

Oleh karena itu, dengan semakin berkembangnya teknologi cetak dengan sistem piezoelectric/electrophotography/digital press/digital offset A3+ yang bisa mencetak berbagai material plastik/film dengan kualitas cetak yang baik, maka kebutuhan stiker berbahan plastik/film untuk berbagai label kemasan mulai dari makanan, produk rumah tangga, produk perawatan diri/personal care, sabun, sampo, alat kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain produk yang dihasilkan oleh industri rumah tangga/home industry dan UMKM kemudian menggunakan stiker berbahan plastik/film selain PVC.

Saat ini di pasaran terdapat stiker plastik berbahan PP (Poly Propylene) dan PET (Polyethylene Terephthalate) merek QUANTAC® sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan baru ini. Pada edisi berikutnya, akan dibahas keunggulan produk A3+ merek QUANTAC®.

ADD COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send via WhatsApp