5 Hal yang Harus Ada pada Desain Promosi
Ketika kita memiliki suatu bisnis baik itu secara kecil-kecilan maupun bisnis dengan skala besar sekalipun, tentunya wajib sekali melakukan kegiatan promosi/iklan agar produk/jasa yang Anda jual dapat dikenali oleh masyarakat luas. Terdapat berbagai macam jenis media yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi, baik itu iklan cetak seperti stiker promosi, brosur, pamflet, spanduk, atau beragam jenis aplikasi cetak lainnya. Selain aplikasi cetak terdapat juga jenis media promosi elektronik yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi. Ketika Anda memutuskan untuk melakukan kegiatan promosi (iklan cetak ataupun iklan elektronik) pastinya tidak terlepas dengan desain promosi yang perlu dibuat seefektif dan seinformatif mungkin. Artikel kali ini secara khusus akan membahas 5 hal yang harus ada pada sebuah desain promosi.
1. Informasi Produk
Pada sebuah desain promosi hal yang paling penting adalah informasi produk yang berupa nama produk/jasa, deskripsi produk, keunggulan yang ditawarkan, harga, keterangan tambahan lainnya yang sekiranya membuat masyarakat terinformasi akan produk/jasa yang Anda jual. Bagian nama dan keunggulan produk merupakan hal yang paling penting untuk ditonjolkan, dengan tujuan para calon pelanggan dapat mengingat produk/jasa yang Anda jual.
2. Slogan
Terlihat sepele, namun ternyata slogan memiliki fungsi yang sangat powerful sebagai bentuk promosi Anda. Maka dari itu berbagai brand-brand besar pastinya memiliki slogan yang merepresentasikan produk/brand mereka. Slogan sendiri merupakan sebuah kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu kepada khalayak luas, berdasarkan definisi tersebut slogan memiliki fungsi sebagai identitas suatu produk/brand agar mudah diingat dan dikenali oleh masyarakat.
3. Colour Identity/Identitas Warna
Sebagai brand yang kuat pastinya memiliki suatu identitas tersendiri, utamanya adalah penggunaan warna yang berkaitan dengan produk Anda. Warna memiliki arti tersendiri yang dapat mempengaruhi emosional pelanggan terhadap suatu brand, dengan begitu warna dapat menjadi suatu alat branding yang sangat powerful karena pemilihan warna dapat berpengaruh secara langsung terhadap psikologis seseorang.
4. Gambar Produk dan Logo Produk
Poin ini merupakan salah satu yang tidak boleh terlupakan ketika Anda mendesain kegiatan promosi yang akan dilakukan, dengan adanya gambar produk dapat memberikan gambaran visual kepada calon pelanggan sehingga mereka akan lebih tertarik untuk sekedar mencoba/membeli produk Anda. Jika Anda merupakan sebuah perusahaan dibidang jasa, gambar yang dicantumkan dapat berupa foto-foto/dokumentasi kegiatan jasa yang sudah pernah dilakukan sebagai portfolio. Anda dapat menempatkan gambar semenarik dan sejelas mungkin agar calon pelanggan dapat terinformasikan secara jelas. Selain foto produk, logo juga tidak boleh dilupakan, hal ini dikarenakan logo berfungsi sebagai identitas, serta menyampaikan citra baik/keseriusan terhadap suatu produk.
5. Kalimat Ajakan/ Call To Action (CTA)
Kalimat ajakan atau yang biasa disebut sebagai kalimat CTA (call to action), merupakan sebuah kalimat yang bersifat mengundang/mengajak para masyarakat yang melihat konten iklan Anda untuk segera melakukan tindakan sesuai kemauan Anda. Kalimat CTA yang digunakan dapat dibuat seminim mungkin, namun harus mudah dipahami dan bersifat tidak memaksa.
PT. Digital Sarana Intimedia selaku supplier berbagai material cetak digital print memiliki variasi jenis produk material cetak yang sangat beragam dan unik. Terdapat brand stiker QUANTAC® dan QUANTAC® MAX yang merupakan stiker dengan jaminan kualitas terbaik, yang dapat dijadikan berbagai macam jenis media promosi yang Anda butuhkan. Selain material stiker, PT. Digital Sarana Intimedia juga menyediakan material produk lainnya seperti kertas foto premium, fancy paper, material PET & PVC, material display banner, dan lain-lain. Klik di sini untuk mengetahui informasi produk-produk material cetak berkualitas dari PT. Digital Sarana Intimedia.