Variasi ukuran kertas/media cetak

Variasi Ukuran Kertas/Media Cetak

Salam sobat DSI, pada kesempatan ini kita ingin membagikan informasi menarik seputar ukuran kertas atau media cetak yang menjadi salah satu komoditas utama dalam dunia percetakan. Beberapa contoh aplikasi media cetak di antaranya: signage, label produk, PoP, buku menu, company profile, album foto, poster, packaging, percetakan lukisan dinding, buku dan masih banyak lagi.

Banyaknya aplikasi dan manfaat dari media cetak untuk berbagai tujuan, maka kita perlu mengetahui variasi ukuran dari setiap media cetak. Hal ini dikarenakan setiap ukuran dari media cetak mewakili fungsi yang berbeda dalam penggunaannya. Misalnya kertas atau media cetak ukuran R sering digunakan untuk foto, ukuran A yang sering digunakan untuk berbagai keperluan dokumen tertulis atau gambar. Secara internasional, ukuran kertas atau media cetak terbagi menjadi beberapa jenis, namun di Indonesia macam ukuran kertas atau media cetak yang lazim digunakan yaitu A, B, C, F dan R. Untuk informasi lengkapnya, simak uraian jenis ukuran kertas atau media cetak berikut ini ya Sobat DSI.

1.Ukuran Seri A

Kertas atau media cetak dengan ukuran A dapat dikatakan sebagai ukuran yang paling umum dijumpai dalam dunia perkantoran, perkuliahan atau di sekolah-sekolah. Ukuran ini pun merupakan kertas yang sudah sesuai dengan standar Internasional ISO 216 yang didasarkan pada standar Jerman DIN 476 (Ridlo Muhammad, 2020). Sehingga bukan hanya di Indonesia saja, namun negara – negara lain di dunia juga banyak yang menggunakan ukuran media cetak ini. Berikut adalah tabel dan visualisasi perbandingan macam ukuran kertas atau media cetak seri A:

Variasi ukuran kertas/media cetak

2.Ukuran Seri B

Kertas atau media cetak seri B ini lebih banyak digunakan dalam dunia percetakan untuk kebutuhan pembuatan poster atau percetakan lukisan dinding. Secara garis besar, ukuran kertas atau media cetak B dua kali lipat dibandingkan dengan ukuran seri A. Berikut adalah tabel dan visualisasi perbandingan macam ukuran kertas atau media cetak seri B:

Variasi ukuran kertas/media cetak

3.Ukuran Seri C

Kertas atau media cetak seri C seringkali dijumpai pada sebuah instansi. Ukuran yang satu ini banyak digunakan pada map, amplop hingga kartu pos. Ukuran seri C ini lebih besar dua kali lipat dari kertas seri B. Berikut adalah tabel dan visualisasi perbandingan macam ukuran kertas atau media cetak seri C:

Variasi ukuran kertas/media cetak

4.Ukuran Seri F

Kertas atau media cetak seri F ini juga cukup sering digunakan dalam pencetakan berkas dokumen kantor maupun sekolah seperti penggunaan pada seri A. Namun perbedaannya adalah seri F ini hanya terdapat satu ukuran saja yaitu F4 atau yang biasa disebut dengan kertas folio dengan ukuran 21 x 33 cm.

5.Ukuran Seri R

Kertas atau media cetak seri R umum digunakan untuk standar ukuran dalam pencetakan foto. Jenis media cetak yang biasa digunakan untuk keperluan cetak foto ini diantaranya adalah canvas, glossy, matte dan juga inkjet. Berikut adalah tabel dan visualisasi perbandingan macam ukuran kertas atau media cetak seri R:

Variasi ukuran kertas/media cetak

Itulah informasi seputar variasi ukuran kertas atau media cetak yang lazim digunakan dalam dunia percetakan ya sobat DSI. Harapannya dengan artikel ini, Anda dapat mengetahui macam ukuran-ukuran tersebut yang akan mempermudah untuk menentukan media cetak untuk tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan penggunaannya.

Sumber: Selembar.com. (2020, 27 Juli). Macam-Macam Ukuran Kertas: Seri A, B, C, R, F Lengkap. Diakses pada 24 Juli 2021, dari https://selembar.com/ukuran-kertas.html

ADD COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send via WhatsApp